Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan – Berikut Manfaat Vitamin C  Untuk Kesehatan serta Efek Samping Vitamin C,  merupakan senyawa penting yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas atau daya tahan tubuh kita dapat menurun saat kita banyak beraktifitas tanpa disertai pola makan yang sehat dan teratur. Daya tahan tubuh yang terganggu juga diakibatkan oleh serangan radikal bebas berupa polusi udara dari asap kendaraan bermotor dan asap rokok. Radikal bebas akan membuat sel-sel tubuh kita mudah rusak dan tidak mampu berfungsi dengan baik.

Manfaat vitamin C bagi kesehatan :

1. Mencegah kanker

Vitamin C adalah sebuah antioksidan, dan secara efektif menangkal substansi berbahaya yang disebut radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel yang bahkan dapat mengakibatkan perkembangan kanker. Karena sifat antioksidan, banyak ilmuwan percaya bahwa vitamin C dapat membantu dalam pencegahan kanker. Menurut American Cancer Society, penelitian telah menunjukkan bahwa asupan makanan kaya vitamin C dapat mengurangi resiko terkena kanker esophageal, pankreas, usus besar, lambung, laring, payudara, leher rahim, dan paru-paru.

2. Penglihatan

Vitamin C berkontribusi terhadap pencegahan gangguan mata seperti degenerasi makula dan katarak. Ini membantu tubuh memproduksi kolagen yang ditemukan dalam kornea, dan meningkatkan kesehatan retina. Vitamin C sangat bermanfaat bagi kesehatan mata ketika dikombinasikan dengan asupan tinggi akan kandungan bioflavonoid, yang bertanggung jawab untuk pigmentasi dalam buah-buahan dan sayuran. Untungnya, sebagian besar buah yang kaya akan vitamin C juga tinggi bioflavonoid.

3. Manfaat vitamin C bagi kesehatan yang lainnya

Menurut University of Maryland Medical Center, vitamin C juga melindungi tubuh dari penyakit jantung, tekanan darah tinggi, osteoarthritis, pre-eklampsia pada ibu hamil, asma dan gangguan gigi. Hal ini lebih dipromosikan untuk efektivitas dalam mencegah dan mengurangi durasi flu biasa. Studi menunjukkan bahwa vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat waktu penyembuhan luka dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Daftar Buah-buahan yang mempunyai kandungan vitamin C tinggi :

1. Stroberi

Buah yang lezat dan sehat mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Tidak hanya vitamin c, namun stroberi juga tinggi serat dan antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi stres dan melindungi jantung dari kolesterol yang berlebihan.

2. Cherry
Buah merah kecil ini kaya akan vitamin C! Bahkan, cherry mengandung sekitar 65x jumlah vitamin C dari jeruk.

3. Pepaya
Papayas kaya akan vitamin c, dengan satu porsi nya maka kebutuhan harian vitamin c anda akan dapat tercukupi. Coba campurkan beberapa pepaya di dalam Smoothie atau yogurt.

4. Blackcurrant
Dengan rona ungu yang gelap, mudah untuk dibayangkan bahwa buah ini akan tinggi dalam Vitamin C. Menampung sekitar 180mg per porsi, serta banyak potasium, zat besi, vitamin B5, dan phytochemical.

5. Kiwi
Berasal dari Selandia Baru, mungkin akan mengejutkan Anda untuk bahwa buah hijau kecil terang ini memiliki lebih Vitamin C dibandingkan jeruk! Mereka juga tinggi flavonoid dan memiliki kalium sebanyak pisang. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang makan ini Vitamin C buah yang kaya mengalami saluran pernapasan lebih kuat daripada anak-anak yang tidak mengkonsumsinya.

6. Paprika
Paprika adalah makanan yang menmpunyai vitamin C tinggi, serta beta karoten. Sayuran ini berfungsi untuk mencegah katarak, mencegah pembekuan darah dan dapat membantu kita mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung dan stroke.

7. Jambu biji
Jambu biji kaya akan vitamin c, serat, asam folat, kalium dan mangan, membuat Jambu salah satu superfoods terbaik untuk dapat di tambah dalam menu diet Anda.

Efek Samping Vitamin C :

Meskipun vitamin C larut dalam air yang mana bila asupannya berlebihan dapat dikeluarkan secara otomatis melalui urin tapi vitamin C juga memiliki efek samping bila dikonsumsi dengan dosis yang tidak tepat. Balita tak boleh mengkonsumsi lebih dari 400 mg karena bisa diare. Orang dewasa tak boleh mengkonsumsi lebih dari 2000 mg sehari karena selain dapat menyebabkan maag juga dapat mengganggu kerja ginjal.

Efek samping suntik vitamin C yang ditakutkan adalah terjadinya batu ginjal. Pada seseorang yang memiliki keturunan penyakit ini, vitamin C yang berlebih dapat mengendap menjadi kristal apalagi bila orang tersebut kurang minum air putih tiap harinya. Gejala yang dirasakan pada pengidap batu ginjal adalah rasa pegal dan sakit di daerah pinggang. Bila timbul gejala ini setelah penyuntikan vitamin C maka harus segera dihentikan pemberian vitamin C. Sebaiknya juga seseorang yang terbukti memiliki keturunan penyakit batu ginjal tidak melakukan penyuntikan vitamin C.

Pengidap maag juga harus hati-hati, karena vitamin C yang bersifat asam maka sebaiknya konsumsi vitamin C dianjurkan untuk makan terlebih dahulu untuk menghindari rasa perih di daerah lambung.
Banyak manfaat yang dapat diambil bila mengkonsumsi vitamin C, tapi yang harus perlu diingat bahwa mengkonsumsi vitamin C bukan merupakan terapi utama tetapi merupakan terapi penunjang. Harus berhati-hati mengkonsumsi vitamin C bila mempunyai riwayat penyakit maag dan batu ginjal karena dapat memperberat penyakit ini.

loading...


Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan