Manfaat Mengunyah permen Karet Untuk Kesehatan

Manfaat Mengunyah permen Karet Untuk Kesehatan – Berikut beberapa Manfaat Mengunyah permen Karet Untuk Kesehatan, Permen karet memiliki rasa yang manis juga enak dengan berbagai macam rasa, bahkan permen karet saat ini banyak dibuat dengan bentuk-bentuk yang unik di berbagai negara,tapi siapa yang tau ternyata permen karet banyak memiliki manfaat untuk kesehatan kita.

Beberapa Manfaat Mengunyah permen Karet Untuk Kesehatan

Meningkatkan Kekuatan Mental

Permen karet bisa meningkatkan kemampuan otak dalam hal memori. Menurut beberapa psikolog permen karet mampu meningkatkan satu memori. Telah dilakukan sebuah studi lanjut berupa penelitian pada sekelompok orang yang dibagi menjadi dua kelompok secara acak, satu kelompok diharuskan untuk mengunyah permen karet dalam jangka waktu tertentu dan yang lainnya tidak. Hasil yang didapat adalah kelompok yang makan permen karet memiliki skor tes yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Stimulus atau rangsangan pada otak dalam menyimpan memori ini berhubungan dengan gerakan mengunyah. Pada saat Anda mengunyah permen karet, pada hippocampus (bagian otak yang mengontrol memori) akan dirangsang lebih aktif. Selain meningkatkan kemampuan otak, permen karet juga dapat meningkatkan detak jantung dan membantu memberikan oksigen ke otak secara efektif sehingga aktifitas keduanya yaitu otak dan jantung menjadi lebih baik dan saling mendukung dengan baik.

Membantu Membakar Kalori

Permen karet dapat membantu membakar kalori dalam tubuh, terutama jika permen karet yang Anda kunyah adalahpermen karet yang bebas gula. Permen karet juga memiliki kemungkinan menjadi salah satu solusi untuk menurunkan berat badan seseorang. Selain itu, permen karet yang bebas gula dan mengandung kalori yang sangat sedikit tersebut akan menjadi makanan ringan yang ideal tanpa menimbilkan kegemukan.Sehingga permen karet juga cocok untuk dikunyah bagi yang sedang menjalankan program diet.

Mengurangi Stres

Permen karet dapat membantu seseorang untuk mengusir stres. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet selama ujian atau pada saat belajar akan memiliki efek positif yaitu lebih tenang dan tidak grogi.

Secara ilmiah mengunyah permen karet dapat mengurangi tingkat kortisol (hormon pemicu stres) dalam tubuh. Kortisol adalah hormon yang dilepaskan ketika tubuh dalam keadaan tegang, sehingga menyebabkan orang menjadi stres.

Meningkatkan Kesehatan Mulut

Permen karet bebas gula dapat meningkatkan kesehatan mulut Anda karena merangsang produksi air liur, yang merupakan salah satu sumber utama yang dapat menjaga mulut agar tetap sehat. Sifat Air liur yaitu antibakteri yang dapat menyiram sisa-sisa makanan, gula dan asam berbahaya lainnya yang masih tertinggal dan menempel dalam mulut Anda.

Meningkatkan Pencernaan

Jika Anda terbiasa mengunyah permen karet setelah makan, maka Anda cenderung memiliki pencernaan yang lebih sehat dibandingkan jika Anda tidak atau jarang mengunyah permen karet. Permen karet akan mendorong Anda menelan air liur berulang kali karena peningkatan produksi air liur, sehingga berdampak pada asam pencernaan yang dapat turun dengan segera ke perut dan memulai pencernaan.

Memutihkan Gigi dan Menguatkan Rahang

Salah satu manfaat permen karet adalah Anda akan mendapatkan gigi putih dan rahang yang kuat.Selain itu kegiatan mengunyah permen karet juga dapat membuat napas menjadi segar dan menghilangkan kotoran yang melekat pada gigi.

Baik untuk pencernaan

(Meningkatkan motilitas usus)Ketika mengunyah permen karet, anda akan mengeluarkan banyak liur dan membuat kita sering menelan. Air liur yang turun kedalam perut akan mencegah terjadinya asam lambung.

Tips mengonsumsi permen karet dengan baik

  • Sebaiknya bagi seseorang yang menggunakan tambalan gigi dengan bahan air raksa tidak mengonsunsi permen karet jika ingin tambalan giginya tidak rusak.
  • Para ahli menyarankan agar anak-anak tidak mengunyah permen karet lebih dari 3-4 kali sehari dan tidak melampaui 10-15 menit.
  • Pilihlah permen karet yang mengandung xylitol dibanding pemanis lain. Karena xylitolmemiliki rasa dan nilai gizi yang sama dengan gula namun tidak dapat difermentasi menjadi asam sehingga aman untuk gigi. Meskipun untuk mendapatkannya kita harus membayar sedikit mahal namun pertimbangkan keuntungannya. Selain menjaga mulut dan gigi tetap sampai tua, ternyata sejumlah peneliti menyebutkan, xylitol mampu menghambat laju osteoporosis, mencegah sakit telinga pada anak-anak dan meningkatkan kekebalan tubuh. Maka, tidak heran jika dalam setiap penerbangan penumpang selalu diberi permen karet untuk melindungi telinga dari kebisingan mesin pesawat.
  • Konsumsilah permen karet secara beraturan, bisa dilakukan setelah ngemil untuk membersihkan sisa makanan. Biasakan tidak mengonsumsi lebih dari 3x sehari dan tidak mengunyahnya lebih dari 15 menit.
loading...


Manfaat Mengunyah permen Karet Untuk Kesehatan