Manfaat Lintah Untuk Kesehatan Manusia

Manfaat Lintah Untuk Kesehatan Manusia – Berikut beberapa Manfaat Lintah Untuk Kesehatan Manusia

yang pertama terlintas dari hewan satu ini adalah menjijikan dan menggelikan, dari bentuk fisiknya yang lentur dapat memanjang membuat sebagian orang menghindari hewan yang satu ini namun lintah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia juga sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Lintah adalah hewan yang tergabung dalam filum Annelida dengan sub kelas Hirudinea, lintah dapat hidup di darat, air tawar dan air asin. Lintah atau pacet adalah hewan hermaprodit atau berkelamin ganda seperti halnya dengan cacing. Cacing memiliki banyak manfaat begitupun juga dengan lintah.

Lintah sangat bermanfaat untuk manusia terutama lintah itu dimanfaatkan untuk kesehatan manusia. Semua spesies lintah tergolong dalam golongan hewan carnifora atau hewan pemakan daging. Meski binatang penghisap darah ini sering dibenci oleh manusia akan tetapi hewan bernama lintah itu sangat bermanfaat sekali untuk manusia.

Salah satu manfaat lintah adalah, pada tubuh hewan lintah mengandung antikoagulan atau anti pembekuan darah dan lintah juga mengandung zat-zat lain seperti penisilin, anti radang dan anestesi untuk pembiusan.

Manfaat Lintah untuk tubuh manusia :

Nitric Oxide

Dalam satu kajian ilmiah di Universitas Purdue, dijelaskan bahwa jenis lintah yang dapat dimanfaatkan untuk Hirudo Medicinalis dapat mengeluarkan Nitric Okside secara alami. Nitric Okside bermanfaat untuk menyelesaikan 90% dari masalah kegagalan ereksi alat kelamin bagi kaum pria. Vagina dan Klitoris kaum wanita bila tersentuh dengan unsur Nitric Okside ini dapat mengakibatkan rangsangan seksual karena Nitric Okside tersebut dapat memberi stimulus ke syaraf-syaraf yang memacu gairah seksual kaum wanita.

Hirudin

Hirudin adalah zat yang dapat mencegah pembekuan darah agar darah tetap mengalir. Unsur Hirudo medicinalis dimanfaatkan dalam operasi syaraf-syaraf yang kecil seperti pada telapak tangan untuk mengembalikan aliran darah yang tersumbat. Hirudin itu sendiri terdiri dari 65 asam amino yang bermanfaat untuk menghambat pembekuan darah. Hirudin akan mengurangi gumpalan darah yang terbentuk dan meningkatkan aliran darah pada bagian-bagian tertentu di dalam tubuh.

Histamin

Histamin merupakan zat yang bermanfaat yang dapat dimanfaatkan sebagai zat pengembang, zat ini ditemukan pada air liur dari lintah tersebut.

Hyaluronidase

Hyaluronidase tidak lain adalah zat yang berasal dari air liur lintah yang termasuk dalam jenis obat bius.

Thrombin

Thrombin adalah zat yang bermanfaat untuk mengaktifkan konversi dari fibrin dan fibrinogen.

Anti Kolagen

Zat yang dikeluarkan oleh air liur lintah dan spesies yang sejenis ternyata dapat dimanfaatkan untuk perawatan dan pengendalian trombosit. Zat anti kolagen ini bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Zat anti kolagen ini terutama dimanfaatkan untuk bahan dasar pembuatan kosmetik.

Beberapa indikasi umum yang dapat dilakukan pada terapi sedot lintah adalah:

  • Reaksi Inflamasi
  • Penyakit jantung
  • Rematik
  • Tendovaginitis dan tendinitis
  • Vena dan varises vena.
  • Arthtosis
  • Radang sendi dan tegang otot.
  • Antidyscratic terapi dari racun dan penyakit mental
  • Trombosis dan emboli
  • Stagnasi darah dan kondisi kejang
  • Vertebrogenic Pain Syndrome
  • Transudates dan eksudat
loading...


Manfaat Lintah Untuk Kesehatan Manusia