Manfaat Jeruk Bali

Manfaat Jeruk Bali dan Kandungan Jeruk Bali Untuk Kesehatan – Khasiat Jeruk bali atau pomelo termasuk salah satu keluarga besar nenek moyang jeruk seperti jeruk cina , jabong dan lusho.

Ciri ciri Jeruk Bali yang memiliki kulit lembut tapi sangat tebal, memiliki warna kuning untuk karang-pink daging yang dapat berair sampai sedikit kering dengan rasa yang berkisar dari pedas , manis tajam dan gurih. Daging bisa dimakan langsung, ditambahkan dalam salad dan olahan makanan lainnya.

Manfaat Jeruk bali untuk kesehatan

1. Membantu mencegah ISK

Minum banyak air dan jus cranberry adalah dua cara yang efektif alami untuk membantu mengatasi infeksi saluran kemih. Jeruk bali, dengan vitamin C juga dapat membantu memerangi peradangan umum selama kehamilan.tingkat keasaman di dalam urin dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada saluran kemih.

2. Menyembuhan luka lebih cepat

Jika orang yang menjalani operasi, mandi dengan vitamin C yang kaya buah-buahan seperti jeruk bali dan buah jeruk lainnya. Vitamin C merupakan kofaktor enzim yang terlibat dalam pembentukan kolagen, protein yang memperkuat dan membuat kulit elastis mendorong penyembuhan luka lebih cepat.

3. Meningkatkan kesehatan gigi dan gusi

Pendarahan gusi dan gigi lepas mungkin merupakan tanda kekurangan vitamin C. Kolagen tidak hanya penting dalam pembentukan kulit, tetapi juga dalam membangun kesehatan gigi dan gusi.

4. Membantu mencegah anemia

Penemuan ilmiah telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.Itulah sebabnya yang terbaik adalah minum jus jeruk jika Anda mengonsumsi suplemen zat besi, atau makan brokoli atau vitamin C yang kaya sayuran dengan daging sehingga kedua nutrisi akan hadir di usus pada waktu yang sama.

5. Membantu mencegah pilek dan flu

Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang memainkan bagian yang sangat penting dalam merangsang tindakan antibodi dan sel kekebalan yang menjaga tubuh terhadap penjajah seperti bakteri dan virus yang dapat menyebabkan masalah pernapasan.

6. Membantu mengatur tingkat tekanan darah

Alasan lain yang baik untuk makan pomelo adalah karena kandungan kalium yang kaya. Sudah diketahui secara umum bahwa kalium membantu tingkat tekanan darah rendah. Alpukat, pisang dan jambu biji adalah beberapa buah buahan yang kaya mineral ini penting.

7. Membantu mencegah osteoporosis

Apa kalium harus digunakan untuk kesehatan tulang? penelitian telah menunjukkan hubungan yang signifikan antara asupan kalium
makanan dan kepadatan mineral tulang.

8. Membantu mencegah kram kaki

Jika Anda pernah mengalami kram kaki itu mungkin berarti bahwa Anda butuh lebih banyak kalium.salah satu mineral yang memainkan peran penting dalam kontraksi otot dan transmisi syaraf.

9. Meningkatkan keteraturan usus

Jeruk bali juga dikemas dengan serat, yang harus memiliki gizi untuk membantu menjaga buang air
besar teratur, mencegah wasir dan bahkan kanker usus besar.

10. Membantu penurunan berat badan

Apakah Anda tahu bahwa serat adalah teman untuk manajemen berat badan? Para ahli percaya bahwa makanan berserat paling tinggi tinggal di perut lebih lama mengakibatkan sensasi kenyang lebih lama, mereka juga membutuhkan lebih banyak waktu mengunyah memberikan tubuh lebih lama untuk merasa puas mengurangi risiko terlalu banyak makan.
Jeruk bali juga merupakan salah satu dari sedikit buah-buahan yang mengandung protein dan kalsium.

Kandungan jeruk bali

Likopen

Kandungan likopen pada jeruk bali cukup tinggi, yaitu 350 mikrogram per 100 gram daging buah. Jika bersinergi dengan betakaroten (provitamin A) yang banyak terdapat pada jeruk bali, likopen bisa berperan sebagai antioksidan.

Pektin

Jeruk bali mengandung pektin jauh lebih banyak dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya setelah dijus. Satu porsi jus jeruk bali mengandung lebih dari 3,9 persen pektin. Setiap 15 gram pektin dapat menurunkan 10 persen tingkat kolesterol. Berarti jeruk bali dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Zat aktif pembersih darah

Jeruk bali dipercaya mengandung zat aktif yang dapat membersihkan sel darah merah yang telah tua di dalam tubuh dan menormalkan tingkat hematokrit, yaitu persentase sel darah per volume darah. Tingkat hematokrit normal pada wanita adalah 37-47 persen, sedangkan laki-laki 40-54 persen. Rendahnya hematokrit akan menyebabkan anemia, tetapi jika sangat tinggi dapat memicu penyakit jantung karena darah jadi mengental.

Kalium

Jeruk bali (gravefruit) merupakan sumber kalium, vitamin A (440 IU), bioflavonoid, dan likopen (350 ug/100g). Hasil penelitian, jeruk bali termasuk antikanker yang sekaligus menyehatkan prostat.

Vitamin C

Seperti jeruk lain, jeruk bali adalah sumber vitamin C (350 mikrogram per 100 gram daging jeruk). Vitamin C sangat baik sebagai sumber antioksidan. Perokok dianjurkan untuk mengonsumsi jeruk bali dua “siung” (helai dalam buah) setiap hari. Peningkatan kadar vitamin C di dalam darah mampu memperbaiki jaringan yang rusak, bahkan kanker, akibat tidak stabilnya molekul radikal bebas karena rokok dan polusi udara.

loading...


Manfaat Jeruk Bali