Manfaat dan Kandungan Rebung Bambu

Manfaat dan Kandungan Rebung Bambu – Berikut beberapa Manfaat Rebung Bambu dan Kandungan Rebung Bambu (bamboo shoot) adalah tunas tanaman bambu yang muncul di bagian pangkal rumpun bambu. Rebung bambu berbentuk kerucut, dipenuhi lapisan glugut (rambut bambu).

Kandungan Yang Terdapat pada rebung bambu :

1.Rebung bambu kaya akan serat

Kandungan serat pangan (dietary fiber) pada rebung sekitar 2,56% lebih tinggi dari jenis sayuran tropis lainnya, seperti kecambah kedelai (1,27%), pecay (1,58%), ketimun (0,61%), dan sawi (1,01%). Kandungan tersebut membuat rebung mampu menekan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Serat pangan adalah senyawa berbentuk karbohidrat kompleks yang banyak tedapat pada dinding sel tanaman pangan, tidak dapat dicerna dan diserap oleh saluran pencernaan manusia, tetapi memiliki fungsi yang sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, dan sebagai komponen penting dalam terapi gizi.

Kurangnya konsumsi serat dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti aterosklorosis (penyumbatan pembuluh darah) koroner, diabetes melitus (kencing manis), hiperkolesterolemia (kelebihan kolesterol), hipertensi, hiperlipidemia (kelebihan lemak) dan kanker kolon (usus besar).2.Rebung bambu kaya akan kalium

Selain serat, senyawa utama dalam rebung mentah adalah air (91%). Rebung juga mengandung protein, karbohidrat, lemak vitamin A, thiamin, riboflavin, vitamin C, serta mineral lain seperti kalsium, fosfor, besi, dan kalium. Kandungan kalium dalam rebung cukup tinggi, yaitu 533 mg per 100 gr rebung.

Makanan yang sarat kalium, yaitu minimal 400 mg, dapat mengurangi risiko stroke. Kalium bersama-sama dengan Klorida, membantu menjaga tekanan osmotik cairan intraseluler menjaga keseimbangan asam basa. Kalium juga membantu aktivasi reaksi enzim, seperti piruvat kinase yang dapat menghasilkan asam piruvat dalam proses metabolisme karbohidrat. Gejala kekurangan kalium biasanya berupa pelunakan otot

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety mengungkap, rebung banyak mengandung antioksidan. Kandungan ini bisa menangkal radikal bebas, senyawa berbahaya yang bisa memicu pertumbuhan kanker.Menurut penelitian tersebut, jenis antioksidan yang terdapat dalam rebung adalah fitosterol. Ilmu pengobatan tradisional China mengatakan, herbal dengan kandungan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Selain antioksidan, kandungan serat yang tinggi pada rebung juga bisa mengurangi risiko kanker khususnya di saluran pencernaan. Di dalam usus, serat bisa berfungsi sebagai sikat yang akan menyingkirkan berbagai pengotor sekaligus pemicu

kanker.Bagi yang sedang berusaha melangsingkan tubuh, serat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan lebih mudah dikendalikan. Serat juga sulit atau kadang bahkan tidak bisa dicerna oleh tubuh sehingga tidak akan membuat gemuk.

Dalam menunjang program diet, kelebihan lain dari

rebung adalah kandungan lemak dan gulanya yang rendah. Sebagai gantinya, sayuran ini banyak mengandung protein yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sel-sel di dalam tubuh supaya bisa berfungsi dengan baik.

loading...


Manfaat dan Kandungan Rebung Bambu