Manfaat Buah Sawo

Manfaat buah sawo – Berikut beberapa Manfaat buah sawo serta Kandungan Buah Sawo

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini buah yang memiliki daging lembut dan empuk berwarna coklat untuk kulitnya dan siapa yang belum tau apa saja manfaat dan kandungan didalamnya, berikut akan share mengenai Manfaat dan Kandungan pada Buah Sawo ?

Kandungan Buah Sawo Selain kaya gula, buah sawo juga mengandung zat gizi lain seperti mineral, vitamin, karbohidrat, dan serat pangan. Buah sawo ini juga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Manfaat buah sawo (Achras sapota L) cukup dikenal masyarakat Indonesia. Baunya harum dan rasanya manis lezat. Dalam bahasa Inggris, sawo disebut sapodilla, chikoo, atau sapota. Di India, buah sawo disebut chikoo, di Filipina dikenal sebagai tsiko, dan di Malaysia ciku. Masyarakat Tionghoa menyebut buah sawo sebagai hong xiêm.

Kandungan Pada Buah Sawo :

Kandungan Buah Sawo memiliki kandungan mineral cukup baik. Buah sawo ini merupakan sumber kalium yang baik, yaitu 193 mg/100 g. Di lain pihak, buah sawo juga memiliki kadar natrium yang rendah, 12 mg/100 g. Perbandingan kandungan kalium dan natrium yang mencapai 16:1 menjadikan sawo sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah.

Selain kaya kalium Kandungan Buah Sawo juga mengandung sejumlah mineral penting lainnya. Kandungan mineral lainnya per 100 gram buah sawo adalah: kalsium (21 mg), magnesium (12 mg), fosfor (12 mg), selenium (0,6 mg), seng (0,1 mg), dan tembaga (0,09 mg).

Manfaat buah sawo yang kaya akan vitamin C, yaitu 14,7 mg/100 g. Konsumsi 100 gram buah sawo dapat memenuhi 24,5 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap hari. Vitamin C dapat bereaksi dengan berbagai mineral di dalam tubuh. Vitamin C berperan penting dalam metabolisme tembaga.

Selain itu, konsumsi vitamin C dalam jumlah cukup dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Vitamin C juga dapat berinteraksi dengan berbagai vitamin lain, seperti vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan.

Manfaat buah sawo juga mengandung asam folat, 14 mkg/100 g. Asam folat diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Asam folat juga dapat membantu pencegahan terbentuknya homosistein yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Vitamin lain yang juga terkandung pada buah sawo adalah: riboflavin, niasin, B6, dan vitamin A. Meskipun dapat digunakan sebagai sumber vitamin dan mineral, sawo sebaiknya tidak diberikan kepada bayi karena getahnya dikhawatirkan akan mengganggu saluran pencernaan.

Buah sawo juga mengandung banyak gula sehingga baik untuk digunakan sebagai sumber energi. Namun, buah ini tidak dianjurkan bagi penderita diabetes melitus karena dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Manfaat buah sawo:
1. Daun sawo sangat baik untuk dijadikan pengobatan untuk radang pada mulut.
2. Kulit buah sawo itu mengandung tannin, yang berguna untuk menghentikan diare. Bisa juga mengatasi gangguan paru-paru.
3. Buah sawo yang manis juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati diare atau mencret.
4. Lateks atau getah susu dalam tanaman ini bisa dijadikan bahan untuk menambal gigi.
5. Rebusan dari daun sawo duren bisa kita gunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes dan juga rematik.
6. Selain itu, dari kulit tanaman ini juga dihasilkan obatk batuk yang bisa membantu kita menjaga stamina tubuh.
7. Bahkan kandungan kalium dan natrium dalam buah sawo sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
8. Manfaat buah sawo Bagi yang menderita diabetes, jangan memakan buah sawo, karena bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Sebaiknya manfaatkan daun tanaman sawo.
9. Ekstrak biji buah sawo bisa digunakan sebagai penenang atau obat tidur.

loading...


Manfaat Buah Sawo

konsep simulasi TK