Manfaat Buah Jagung Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jagung Untuk Kesehatan – Berikut Manfaat Jagung yang merupakan tanaman semusim (annual). Satu siklus hidupnya diselesaikan dalam 80-150 hari. Paruh pertama dari siklus merupakan tahap pertumbuhan vegetatif dan paruh kedua untuk tahap pertumbuhan generatif.

Manfaat Buah Jagung Untuk Kesehatan :

1. Sekam jagung ternyata efektif dalam menurunkan kolesterol dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh.
2. Jagung melindungi Anda dari bahaya diabetes dan hipertensi. Ia dianggap efektif dalam mengurangi hipertensi karena adanya kandungan phytochemical fenolik.

3. Menurut para peneliti, minyak jagung memiliki anti-aterogenik yang berpengaruh pada kadar kolesterol sehingga mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bahkan, kadar seratnya dapat menurunkan kadar kolesterol.

4. Manfaat jagung yang lain adalah isi seratnya bisa mengurangi risiko kanker usus besar dan berguna untuk mengurangi kadar gula darah untuk pasien diabetes.

5. Tepung jagung adalah sumber vitamin B seperti thiamin dan niacin yang penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Naimin menyembuhkan diare, demensia, dan dermatitis dan bagus untuk orang yang kekurangan gizi.

6. Pati jagung digunakan untuk berbagai jenis kosmetik. Oleskan pati jagung untuk memberikan efek menenangkan pada ruam kulit dan iritasi.

7. Jagung merupakan sumber beta-karoten yang membentuk vitamin A dalam tubuh. Ini penting untuk pemeliharaan dari pandangan mata yang baik dan kulit lembut.

Kandungan gizi buah jagung per 100 gram yaitu :
Kalori : 355 Kalori
Protein : 9,2 gr
Lemak : 3,9 gr
Karbohidrat : 73,7 gr
Kalsium : 10 mg
Fosfor : 256 mg
Ferrum : 2,4 mg
Vitamin A : 510 SI
Vitamin B1 : 0,38 mg
Air : 12 gr
Manfaat dari kandungan-kandungan gizi dalam buah jagung :

1.Kalori
Kalori adalah jumlah energi panas yang diperlukan untuk meningkatkan suhu 1 kilogram air sebesar 1 C. sumber energi diperoleh dari nutrisi yang esensial seperti protein, karbohidrat dan lemak. Banyak yang sudah mengetahui kalau kandungan kalori dalam jagung adalah salah satu yang tertinggi dari kelompok sereal yaitu 342 kalori per 100 grams. Makanan dengan kalori tinggi seperti jagung sangat baik dikonsumsi oleh remaja. Karena kebutuhan kalori pada masa pertumbuhan remaja sangat tinggi yaitu 2200 untuk putri dan 3000 kaori pada remaja putra.

2.Protein
Dalam 100 gram jagung mengandung 9,2 gr protein. Protein sangat penting untuk tubuh karena merupakan peyusun utama makhluk hidup.
Protein merupakan senyawa makromolekul yang dibentuk dari molekul-molekul dasar asam amino. Asam amino inilah yang dapat dipakai untuk membentuk jaringan otot baru. Beberapa asam amino, seperti arginine, glycine, dan methionine bila digabung, akan membentuk creatine phoshate di hati. Creatine adalah materi yang membantu meningkatkan tenaga dan volume otot.Mengkonsumsi 1 gr protein per kg berat badan akan membantu tubuh memproduksi glutamine, asam amino yang membantu meningkatkan kerja sel dengan cara menarik air ke dalam sel. Selain itu protein juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pelepasan insulin.

3.Lemak
Jagung mengandung asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh.

4.Karbohidrat
Jagung mengandung karbohidrat yang menjadi sumber utama tenaga manusia.

5.Kalsium dan Fosfor
Kandungan kalsium dan fosfor sangat penting untuk tulang dan gigi. Kandungan fosfor dalam jagung penting untuk tulang dan gigi. Kekurangan fosfor akan menyebabkan tubuh lemah, pertumbuhan terhambat, serta pertumbuhan tulang dan gigi abnormal. Gejala kekurangan fosfor adalah tubuh lesu dan nafsu makan berkurang.

6.Vitamin A dan B1
Kandungan gizi jagung lainnya adalah vitamin A, dan B1. Kedua vitamin ini sangat baik untuk tubuh. Vitamin A baik untuk kesehatan mata. Sedangkan vitamin B1 yang juga dikenal sebagai thiamin, bahan bakar yang membantu tubuh Anda dengan mengubah gula darah menjadi energi. Itu membuat selaput lendir Anda sehat dan sangat penting bagi sistem saraf, jantung dan fungsi otot.

loading...


Manfaat Buah Jagung Untuk Kesehatan

artikel jagung